GuidePedia

0

Siswa membaca al-qur'an dikelas

Margasari, MTsN 1 CLU – Berbagai upaya terus dilakukan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Candi Laras Utara untuk memberikan pendidikan kepada siswanya, tidak hanya melalui program-program pendidikan formal namun juga melalui pembiasaan. Salah satunya adalah kegiatan membaca al-qur’an pada pagi hari selalu  sebelum pembelajaran berlangsung. Siswa diharuskan masuk pada pukul 07.45 dan langsung membaca al-Qur’an selama 15 menit sebelum dimulainya pembelajaran pada pukul 08.00 seperti yang terlihat pagi tadi (06/03).

Menurut salah seorang guru di MTsN Candi Laras Utara Yamani S.Ag., program ini merupakan salah satu cara untuk menambah semangat anak dalam belajar. “Kewajiban ini selalu dilaksanakan agar bisa menambahkan semangat belajar pada anak didik”, ucap M. Yamani saat ditemui di ruang kelas selaku guru muatan lokal yang juga sering membimbing para siswa agar bisa lancar mengaji.

“Kegiatan ini positif, karena untuk  membaca al-Qur’an harus menjadi kebiasaan yang sudah tidak harus disuruh-suruh lagi, terlebih sprit madrasah yang islami, maka kegiatan ini harus terus berlangsung,” tambah Yamani.

Untuk menunjang kegiatan ini, maka para siswa sdi setiap kelas  disediakan satu buah lemari untuk menyimpan al-Qur’an. “Jadi ketika kegiatan berlangsung sudah tidak ada alasan lagi tidak bisa membaca karena al-qur’an yang ketinggalan, kecuali hanya untuk para siswi yang berhalangan,” terang Yamani.

Ungkapan Yamani inipun dibenarkan oleh siswa MTsN Candi Laras Utara. Menurut siswa dengan kegiatan membaca Al-Qur’an setiap pagi mereka menjadi semakin lancar mengaji dan semangat untuk belajar.

“Alhamdulillah selama berada dimadrasah ini saya makin lancar mengajinya bahkan juga tambah semangat, apalagi kalau nanti bisa khatam membaca al-qur’annya jadi lebih semangat,” ucap Nufus siswi kelas VII saat ditanya bagaimana perasaannya ketika sering melakukan kegiatan ini. (Humas)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan saran anda untuk menjadikan kami lebih baik lagi, terima kasih.

 
Top