GuidePedia

0
Siswa MTsN 1 CLU Cek HB Darah Dan Kesehatan
Margasari, MTsN 1 CLU – Wajah siswa-siswi kelas VII MTsN 1 Candi Laras Utara seketika itu juga berubah pucat karena ketakutan saat melihat aktivitas tenaga medis dari Poskesmas Candi Laras Utara yang sedang menusukkan jarum ke tangan salah seorang temannya dalam rangka pemeriksaan hemoglobin darah dan kesehatan para siswa MTsN 1CLU beberapa waktu yang lalu, bertempat di ruang UKS MTsN 1 Candi Laras Utara.
dr. Ina sebagai ketua tim medis yang mengaadakan cek HB dan Kesehatan siswa/i  MTsN 1 CLU mengatakan, pemeriksaan hemoglobin terhadap siswa-siswi MTsN 1 CLU tersebut dilakukan untuk mendeteksi adanya anemia dan penyakit ginjal.
“Peningkatan hemoglobin dapat menunjukan indikasi adanya dehidrasi, penyakit paru-paru obstruksi menahun, gagal jantung kongestif dan lain-lain,” kata dr. Ina
Pemeriksaan dilakukan pada seluruh siswi dari kelas VII dan beberapa orang dewan guru serta karyawan MTsN 1 CLU, dari hasil pemeriksanaan ternyata siswa-siswi kelas VIIyang berjumlah 63 orang dinyatakan oleh tenaga medis kesehatan puskesmas Candi Laras Utara ada 9 orang siswi yang memiliki kadar HB rendah, seperti Fatimatul Zahra (13 tahun) dan Mariatul (13 tahun) yang memiliki kadar HB hanya 8,6 Bahkan salah seorang staf TU, Ibu HJ. Pahriah pun memiliki kadar HB terendah yakni hanya 8,2 sehingga diharuskan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cek HB Kesehatan setiap bulannya.

Selanjutnya dr.Ina juga mengharapkan agar semua siswa MTsN 1 CLU bisa menjaga kesehatan dan mengatur pola makan yang sehat agar tidak mengalami anemia dan mudah sakit. “ Saya harapkan setelah dilakukannya cek HB darah dan kesehatan ini, dapat dijadikan sebagai tindakan awal untuk dapat selalu menjaga diri dan kesehatan,” tambah dr.Ina (Humas)


Tulisan dapat diakses di kalsel.kemenag.go.id

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan saran anda untuk menjadikan kami lebih baik lagi, terima kasih.

 
Top