GuidePedia

0
Tingkatkan kecakapan berbahasa lewat speaking
Margasari, MTsN 1 CLU – Bahasa, merupakan sarana komunikasi verbal yang sering digunakan dalam keseharian. Berbahasa yang baik dan sopan adalah keharusan buat semua, terlebih kita bangsa Indonesia dan terutama yang beragama Islam pastinya menjunjung tinggi norma kesopanan. Bahasa ibu yang sudah kita miliki menentukan jati diri kita, dan bahasa sekunder yang menjadi tambahan pun perlu untuk menghadapi perkembangan jaman yang sudah semakin global.

MTsN 1 Candi Laras Utara dalam hal memberikan mata pelajaran berbahasa memiliki tiga matpel utama, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Melihat perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini, penggunaan Bahasa Inggris menjadikan salah satu materi pembelajaran yang paling harus dikuasai. Dan ini pun yang menjadikan motivator untuk guru pengampu mata pelajarannya agar menjadi lebih maksimal.

“Saya awalnya malu dan takut dalam berbicara, apalagi kalau harus ngomong bahasa asing seperti bahasa inggris”, ungkap Assa’adah Nafisah siswi kelas 7A yang ditemui disela-sela waktu istirahat. “Namun ketika masuk pembelajaran bahasa inggris, saya mulai tertarik apalagi ketika belajarnya itu fun banget, kita jadi tidak takut salah dalam berbicara bahasa inggris. Namanya juga belajar kan…” tambah siswi yang juga akrab disapa sa’adah Kamis (20/02).
Dikesempatan lain, Andy Hermawan, S.Pd ketika ditemui pun membenarkan apa yang dikatakan oleh Sa’adah. “Iya benar, awalnya para siswa dan siswi disini malu dalam bicara bahasa inggris, malah ada yang hampir nangis ketika disuruh ngomong, takut salah,” katanya.

Maka dari itu guru mata pelajaran ini memberikan motivasi dalam penggunaan bahasa karena kedepannya Insyaallah pasti akan bermanfaat dalam kehidupan, entah itu dalam dunia kerja ataupun keseharian juga. Dan  penggunaan bahasa inggris dalam pembelajaran menjadi suatu hal yang wajib dimulai dari greeting ketika bertemu hingga ungkapan permisi ketika mau ijin keluar kelas. “Dengan berbicara sedikit demi sedikit, kita membiasakan diri untuk lebih berani dalam meningkatkan kecakapan berbahasa” tambah Andy. (Humas)


Tulisan dapat diakses di kalsel.kemenag.go.id

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan saran anda untuk menjadikan kami lebih baik lagi, terima kasih.

 
Top